NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

Mewujudkan Sekolah Berbasis IT

Pengguna internet di Indonesia tercatat mengalami peningkatan di tahun 2018 lalu. Berdasarkan hasil studi Polling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,12 persen.
Dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa penduduk Indonesia, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen yang sudah terhubung ke internet. 
dari data diatas dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia hampir seluruhnya memanfaatkan internet dalam aktivitas hariannya. baik sekedar membaca berita online, update status di media sosial atau berbelanja kebutuhan harian memakai aplikasi online shop yang banyak tersedia di playstore.
Fenomena ini turut berimbas pada dunia pendidikan, penerapan teknologi informasi menjadi salah satu bagian dari proses kegiatan belajar mengajar saat ini, hal ini juga diterapkan di SMK Swasta St Aloisius pada beberapa matapelajaran seperti Simulasi dan Komunikasi Digital telah menerapkan pembelajaran berbasis IT, dengan mengadopsi teknologi dalam proses belajar perkembangan para peserta didik jauh lebih cepat, karena mereka belajar sambil bermedia sosial  dengan memanfaatkan aplikasi e-learning " EDMODO ", aplikasi ini sangat membantu guru mengelola kelas virtual, guru dapat memberi materi, tugas dan ulangan kepada siswa dengan mengirim pada kelas virtual yang telah dibuat, secara otomatis notifikasi tugas yang diberikan guru akan muncul pada smartphone siswa/i. Guru juga bisa melihat nilai dan memonitor perkembangan belajar peserta didik dengan aplikasi edmodo. Orang tua juga bisa memantau perkembangan siswa dengan aplikasi Edmodo guru akan menambahkan orang tua pada kelas virtual, sehingga perkembangan siswa terus dipantau orang tua.
sumber gambar : koleksi akun pribadi
dengan penerapan Edmodo juga mengurangi penggunaan kertas (paperless) yang secara tidak langsung membantu menyelamatkan lingkungan dari kerusakan. terutama penebangan pohon yang menjadi bahan baku utama kertas. Ini juga merupakan perwujudan dari misi SMK Swasta St Aloisius yaitu sekolah unggulan yang berwawasan lingkungan.
Penerapan teknologi di SMKS St Aloisius tidak hanya pada aplikasi Edmodo saja tetapi juga pada proses evaluasi belajar siswa/i baik pada penilaian tengah semester (PTS) maupun pada penilaian akhir semester (PAS) sudah memakai aplikasi computer based test (CBT) dengan memakai aplikasi ini sangat membantu guru dalam hal koreksi jawaban peserta didik, semua koreksi jawaban otomatis diproses dalam aplikasi sehingga siswa/i pun langsung dapat melihat hasil evaluasi belajar sesaat setelah menyelsaiakan ujian. 
siswa juga bisa mengerjakan ujian menggunakan smartphone berbasis android saat mengerjakan ujian, karena aplikasi CBT ini support dengan android yang dikombinasikan dengan aplikasi ujian Exambrowser , dengan memenfaatkan perangkat teknologi ini juga sekolah dapat menekan biaya ujian yang selama ini cukup besar terutama biaya penggandaan soal ujian dan lembar jawaban siswa/i. 
Tampilan aplikasi CBT pada smartphone

Sebagai wujud penerapan sekolah berbasis IT juga SMKS St Aloisius menerapkan absensi siswa/i dengan fingerprint (sidik jari), akurasi absensi dengan fingerprint tidak diragukan lagi mulai dari jam masuk siswa hingga jam pulang semuanya dipantau dengan sangat akurat, tidak ada lagi manipulasi absensi dan bolos.
Bagian pemanfaatan IT lainnya adalah website resmi SMKS St Aloisius, website ini baru diluncurkan pada bulan Juli 2019 sebagai bentuk layanan informasi publik berkaitan dengan informasi dan kegiatan yang telah, sedang dan akan berlangsung di civitas akademi St Aloisius, alamat website resmi sekolah dapat dikunjungi www.smksantoaloisius.sch.idsemoga dengan perkembangan teknologi saat ini, para peserta didik yang di didik di SMKS St Aloisius bisa menjadi siswa unggul yang berkarakter sesuai dengan visi dan misi sekolah. HT

Radio Online Aloisius
Banner
Lokasi Sekolah