NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

Ujicoba Sistem Baru UNBK 2020 Yang Gagal

Rabu 6 November 2019 kegiatan Simulasi UNBK tahap I berlangsung, kegiatan ini diikuti oleh seluruh jenjang sekolah menengah atas/kejuruan di Indonesia.

Tujuan penyelenggaraan Simulasi UNBK ini adalah :

Bertujuan untuk memastikan :

·         aplikasi UNBK sudah dapat berjalan dengan baik.

·         infrastruktur di pusat dapat berfungsi dengan baik.

·         infrastruktur di satuan pendidikan sudah tersedia dan berfungsi dengan baik

·         proktor, teknisi dan petugas lainnya dapat memahami prosedur ujian dengan UNBK di satuan pendidikan.

·         Proktor dapat memahami prosedur penggunaan laman komunikasi.

·         peserta dapat memahami prosedur ujian dan cara menjawab soal.

·         Tidak untuk latihan materi. 

 

Dari tujuan simulasi diatas dapat dismpulkan bahwa semua sekolah wajib mengikuti simulasi untuk memastikan bahwa semua sistem UNBK berjalan dengan baik terutama bagi sekolah yang saat ini baru pertamakali mengikuti UNBK. Sistem UNBK tahun ini mengalami beberapa perubahan baik dari segi aplikasi admin yang baru dan tampilan aplikasi klien yang berbeda dari tahun sebelumnya.

 

SMKS St Aloisius memilih simulasi UNBK tahap I dengan matapelajaran Bahasa Inggris, sebagai persiapan menjelang UNBK 2020 yang diikuti oleh 2 jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Pengelasan yang dibagi dalam 3 sesi.

 

Pelaksanaan simulasi pada hari pertama mengalami kendala teknis karena aplikasi admin browser versi terbaru  yang dirilis PUSPENDIK mengalami kegagalan sistem. Kendala yang ditemui adalah klien tidak bisa mengerjakan soal dengan baik muncul peringatan error yang berulang, server ujian juga tidak bisa diakses karena aplikasi yang tidak bisa berjalan. Alhasil sesi I yang dijadwalkan mulai ujian pada pukul 07.30 diundur sampai pukul 11.30.

 

Langkah yang diambil oleh proktor dan teknisi SMKS St Aloisius menghubungi Helpdesk Kabupaten untuk meminta ijin unlock server ujian sekolah agar bisa disinkron ulang dengan server pusat PUSPENDIK. Permintaan disetujui dan prosedur pun dijalankan setelah semua prosedur dijalankan server ujian kembali normal dan ujian dilanjutkan kembali meskipun kendala yang dihadapi adalah waktu sesi ujian sudah habis dan token untuk sesi I, II dan III tidak dirilis lagi ujian simulasi tetap di jalankan sampai selesai. Kendala lain yang dihadapi adalah kondisi jaringan internet yang tidak stabil membuat proses pengiriman data peserta ujian (upload) menjadi tertunda. Koneksi internet Indihome,Telkomsel dan XL tumbang secara bersamaan hal ini dikeluhkan oleh banyak proktor dan teknisi di grup WA UNBK MANGGARAI RAYA dan POSKO_UNBK MANGGARAI. Banyak sekolah yang mengajukan perpanjangan sesi karena masalah yang terjadi. 

Pelaksanaan simulasi UNBK pada hari ke 2 berlangsung dengan aman, karena sistem yang dipakai tidak menggunakan aplikasi baru yang dirilis PUSPENDIK tetapi menggunakan aplikasi lama UNBK tahun sebelumnya. Simulasi UNBK 2020 ini memiliki beberapa catatan yang perlu disikapi dan dibenahi oleh tim PUSPENDIK KEMDIKBUD agar pada saat pelaksanaan UNBK 2020 berjalan tanpa adanya hambatan dan mempengaruhi mental peserta ujian.

Radio Online Aloisius
Banner
Lokasi Sekolah