Berita


Langkah Awal Mewujudkan Smart Kelas Bersama Axioo Class Program


Ruteng - SMK Swasta St Aloisius berkomitmen penuh melalui visi, misi dan tujuannya untuk melahirkan peserta didik yang unggul, berkarakter, beriman, cerdas, kompetitif dan berwawasan lingkungan dilandasi persaudaraan, kasih dan damai. Khususnya menyiapkan kaum muda Manggarai yang merupakan generasi penerus pembangunan di tanah Nucalale tercinta.

Dipenghujung bulan Januari 2020, SMKS St Aloisius berkesempatan menghadiri undangan dari AXIOO salah satu perusahaan teknologi komputer asli Indonesia, kesempatan emas ini dimanfaatkan sebaik –baiknya oleh pihak sekolah. Undangan Axioo merupakan jawaban atas permintaan SMKS St Aloisius untuk bekerjasama dalam program Axioo Class Program (ACP) yang dirintis oleh perusahaan Axioo.

Seperti dikutip dari laman resmi Axioo, Axioo Class Program adalah sebuah program pendidikan dalam menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf internasional. Program ini memberikan pelatihan terpadu kepada siswa dan guru.

Visi

Membantu dunia pendidikan di Indonesia menghasilkan lulusan yang siap kerja sehingga bisa bermanfaat baik bagi negara dan dunia industri.

Misi

Menjembatani dunia Pendidikan dengan industri IT nasional Indonesia melalui implementasi kelas industri didesain untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan mensikronisasikan kurikulum industri dengan kurikulum sekolah yang bertujuan menghasilkan tenaga kerja siap pakai dan mandiri.

Axioo telah menjalankan program kelas industri dan telah memiliki ratusan sekolah dan kampus binaan, yang menjadi bagian dari target Axioo membantu dunia pendidikan Indonesia dengan melakukan sinkronisasi kurikulum.

Senin, 27 Januari 2020 Tim SMKS St Aloisius yaitu Br. Viktor, CSA bersama Pa Hans Taku,S.Kom berangkat ke Jakarta untuk melakukan studi banding sesuai email dari Axioo Education Program, untuk berkunjung ke SMK Pertiwi Kuningan yang menjadi SMK rujukan nasional program axioo ini. Dari Jakarta perjalanan di lanjutkan ke Cirebon dan tiba pukul 19.00 WIB.

Dihari selanjutnya perjalan Tim SMKS St Aloisius ke Kabupaten Kuningan menuju SMK Pertiwi, visitasi ini merupakan bagian kerjasama Axioo untuk sekolah/kampus yang ingin menerapkan program ACP. Di SMK Pertiwi juga hadir beberapa SMK dan kampus, materi yang disampaikan tentang cara kerjasama dan manfaat yang didapat dari kerjasama bersama dengan Axioo.

Desain Ruangan Axioo Class Program


Kunjungan ini membawa banyak pengalaman bagi Tim SMKS St Aloisius, terutama dalam mempersiapkan layout ruangan yang akan dibangun menjadi smart classroom standar Axioo, kami juga berkesempatan melihat ruang perakitan dan ruang service center yang di buat sesuai dengan standar industri.



Ruangan smart factory


Dari hasil visitasi ini kami mendapat surat rekomendasi untuk melanjutkan audiensi bersama Divisi Axioo Education Program di Bandung. Dari Kuningan kami melanjutkan perjalanan ke Bandung dan tiba pada pukul 16.00 WIB. Audiensi bersama Divisi Axioo Education Program dilaksanakan pada hari Rabu, pukul 09.00 diawali dengan sambutan Bpk. Temmy Theopelus selaku Direktur Axioo Education, beliau menjelaskan seluruh program yang dibuat Axioo untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia dan untuk membentuk SDM manusia yang unggul di dunia industri visi ini sejalan dengan visi SMKS St Aloisius sehingga pada sesi lanjutan Tim SMKS St Aloisius berjuang untuk bisa ikut dalam program ACP ini.


Direktur Axioo Education – Bpk Temmy Theopelus


Peserta audiensi juga berkesempatan berkeliling untuk melihat aktifitas di kantor Axioo Education, setiap divisi pun diperkenalkan oleh bpk. Temmy. 


Bpk. Temmy sedang menujukan uang untuk pelatihan mengisi di mesin ATM (senilai 1 M) 


Program ACP juga bekerjasama dengan Bank BCA sebagai partner edukasi dalam menyiapkan SDM terutama SDM dalam memperbaiki mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank BCA dengan menghibahkan 2 (dua) unit mesin ATM dan beberapa mesin penghitung uang, ruang kelas pun diubah sesuai dengan standar Bank BCA.


Salah satu mesin ATM Bank BCA yang dipakai untuk pelatihan level dasar


Program ACP juga melatih siswa untuk menjadi teknisi komputer yang handal dengan membangun smart factory sebagai tempat untuk melatih membongkar dan memperbaiki perangkat komputer jinjing (laptop) dan handphone.


Salah satu aktifitas siswa di axio class program merakit laptop


Diharapakan setelah melakukan visitasi dan audiensi ke sekolah rujukan nasional Axioo dan Kantor Axioo Education, SMK Swasta St Aloisius dapat segera bergabung dalam program ACP.

SMKS St Aloisius saat ini sedang berupaya memenuhi standar sesuai dengan syarat yang diminta oleh Axioo untuk membuka smart classroom sebuah kelas dengan fasilitas pembelajaran berbasis LMS (learning management system) penerapan aplikasi dan teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Untuk tanah Nucalale tercinta...

Radio Online Aloisius

PPDB Online 2020

Banner

Lokasi Sekolah