NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

Belajar dari Rumah

Presiden JokoWidodo meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona atau covid-19. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. “Saatnya kita belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah rumah” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020). Menanggapi hal ini seluruh sekolah di Indonesia meliburkan siswanya untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Belajar dari rumah atau belajar online merupakan metode baru yang diterapkan oleh pemerintah di tengah wabah virus corona atau covid-19 yang melanda negara ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menginstruksikan agar guru melakukan pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran online.

Menteri Pendidikan Republik Indonesia


Menanggapi arahan dari Pemerintah SMK Swasta Santo Aloisius Ruteng merespon dengan membentuk kelompok belajar melalui group Whats Up. Masing-masing wali kelas membuat group Whats Up sebagai wadah dalam pembelajaran online.

Selama belajar online saya meladeni siswa/siswi yang sangat antusias dalam mengikuti proses belajar online. Ada beberapa hal baru yang saya temukan dalam proses belajar online.

Happy Dawa siswa kelas X sedang belajar di rumah


Pertama, siswa/siswi menjadi terbiasa untuk membaca informasi yang masuk ke hp mereka, terutama mengenai pembelajaran yang mereka ikuti. Hal ini ditunjukan respon mereka ketika menanyakan hal-hal yang kurang paham terkait dengan pelajaran yang mereka ikuti. Berbeda ketika pembelajaran di dalam kelas hanya sedikit yang mau bertanya terkait dengan pembelajaran yang mereka ikuti.

Kedua, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena sebagian dari mereka mengaku lebih suka membaca materi dari hp ketimbang dari buku.

Ketiga, orang tua terlibat aktif dalam mengawasi anak-anaknya belajar di rumah. Semoga ini menjadi kebiasaan bagi orang tua di rumah untuk selalu mengawasi dan membimbing anak di rumah.

Orang tua siswa berperan aktif mendampingi siswa saat belajar dirumah


Semoga dengan program belajar online membuat anak-anak kita tetap semangat dalam belajar walaupun dalam keadaan wabah virus corona atau covid-19 melanda negara kita. Mari kita bersatu melawan virus corona dengan belajar dari rumah sebagai upaya untuk mempertahankan peradabaan bangsa.


Yohanes Satrio Panggut, S.Pd 

 

Radio Online Aloisius
Banner
Lokasi Sekolah