NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

Sosialisasi AKM dan Penguatan Guru oleh Pengawas Dinas Propinsi NTT

 

Bertempat di SMKS St Aloisius kegiatan sosialisasi Assesment Kompetensi Minimal (AKM) dan penguatan peran guru dilaksanakan. Sosialisasi model pengganti ujian nasional ini dibawakan oleh bapak Ir. Maksimus Gurang, M.Pd selaku pengawas dari Dinas Pendidikan Propinsi NTT diikuti oleh seluruh jajaran guru baik kejuruan maupun non kejuruan.

  

 Ir. Maksimus Gurang, M.Pd

Sistem Assesment Kompetensi Minimal /AKM akan menggantikan sistem ujian nasional yang selama ini dipakai untuk mengevaluasi pembelajaran siswa selama 3 tahun disekolah, tetapi system AKM ini nantinya bukan untuk mengukur pencapaian / evaluasi belajar siswa selama 3 tahun, melainkan untuk pemetaan mutu Pendidikan pada semua sekolah, madrasah serta program kesetaraan jenjang dasar dan menengah oleh pemerintah pusat. Didalam AKM ini juga terdapat 3 (tiga) hal yang menjadi penilaian utama, yaitu :

1.       Assesment Kompetensi Minimum

2.       Survei Karakter

3.       Survei Lingkungan Belajar

AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa, untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpastisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi dasar pada AKM yang diukur :

1.       Literasi membaca

2.       Literasi matematika (numerasi)

Dalam kedua kompetensi ini yang dinilai adalah keterampilan berpikir logis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, keterampilan memilah serta mengolah informasi yang diterima.



Presentasi Materi oleh Pa Maksi Gurang

 AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten. Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tentu untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, juga untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.


Baca Juga : WORKSHOP PENGEMBANGAN PROFESI GURU


Pada kesempatan yang sama materi lain yang dibagikan oleh Pak Maksi Gurang adalah Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik di Abad 21, dalam materinya pa Maksi mengajak seluruh tenaga pendidik di SMKS St Aloisius untuk lebih sungguh melihat dan merefleksikan panggilan sebagai seorang guru yang benar, teruatama dalam filosofi Pendidikan Karakter yaitu bisa mengolah pikir, mengolah raga, mengolah rasa dan juga mengolah karsa dengan menguasi ke empat elemen ini kita sebagai guru bisa memberikan ruang kepada peserta didik untuk menemukan dan mengenali jati dirinya sebagai individu, mahkluk sosial dan ciptaan Tuhan yang memiliki potensi beragam.


Foto Bersama Guru SMKS St Aloisius

Dengan memahami potensi peserta didik yang beragam SMKS St Aloisius akan menjadi sekolah yang unggul bukan hanya di Kota Ruteng tetapi menjadi sekolah unggulan di NTT bahkan Indonesia. (Hans Taku)

 

 

PPDB Online 2024
Youtube Channel Sekolah
Banner
Lokasi Sekolah