NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

Guru SMKS St Aloisius Mengikuti Pelatihan Aplikasi Ujian Berbasis Online (CBT)

Ruteng – Kegiatan pelatihan implementasi aplikasi ujian berbasis online yang diadakan di SMKS St Aloisius di ikuti oleh seluruh tenaga pendidik, kegiatan ini bertujuan mempersiapkan para guru untuk mulai menerapkan sistem ujian berbasis online sebagai sarana pendukung untuk mengevaluasi pembelajaran siswa. 

Proses pembelajaran daring yang hampir setahun telah dilewati banyak memberikan pelajaran baik bagi tenaga pendidik maupun peserta didik, perlahan namun pasti sudah bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring saat ini.


pelatihan implemantasi aplikasi ujian online 

Berbagai macam aplikasi pembelajaran daring digunakan untuk terus mendukung proses belajar mengajar secara daring, mulai dari Google Meet, Zoom, Google Classroom, Google Form dan lainnya digunakan dengan harapan semua materi pembelajaran bisa dipahami baik oleh siswa.

Pelatihan ini memberi angin segar bagi para tenaga pendidik ditengah situasi pandemi saat ini, dengan mempelajari aplikasi ujian online yang membantu dalam mengevaluasi kegiatan belajar siswa di akhir semester. 

Aplikasi ini akan sangat membantu dalam pengolahan soal dan manajemen ujian yang sudah terkomputerisasi dan bahkan ujian untuk siswa bisa dilaksanakan darimana saja selama terkoneksi dengan internet.   


Baca Juga : Google Gapura Digital Berbagi Ilmu Tentang Bisnis Online


Aplikasi ini juga menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi para guru selama proses belajar dari rumah saat siswa mengirim tugas melalui whatsapp yang membebani ruang penyimpanan telpon seluler para guru. Dengan sistem online aplikasi e-learning ini mampu menampung tugas yang dikirim oleh siswa dalam jumlah yang banyak tanpa kuatir memikirkan lagi beban penyimpanan di perangkat seluler.


sesi pelatihan pemanfaatan Google Drive dengan akun belajar.id 

Selama 2 hari sejak tanggal 22 sampai 23 Februari 2021, para guru dibekali juga dengan materi pengaktifan akun belajar.id yang merupakan akun resmi pembelajaran dari kementerian pendidikan, dan pemanfaatan Google Drive sebagai media penyimpanan alternatif selain harddisk dan USB. 

Dengan memanfaatkan fitur cloud storage (penyimpanan online) dari akun belajar guru SMKS St Aloisius bisa saling berbagi file dan bekerja secara online darimana saja tanpa batasan. Hal yang paling penting juga dengan memakai Google Drive data yang disimpan akan terjamin dari virus dan kehilangan data jika laptop ataupun media penyimpanan lain seperti harddisk external maupun USB rusak.


peserta pelatihan implemantasi aplikasi E-learning dan ujian online (CBT) 


Kegiatan ini semua dilaksanakan secara mandiri oleh sekolah, diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini akan ada peningkatan sumber daya guru di bidang teknologi pendidikan.

PPDB Online 2024
Youtube Channel Sekolah
Banner
Lokasi Sekolah