NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

PENDIDIKAN BERMUTU DALAM MASA PANDEMI COVID 19 YANG MENJAWAB VISI DAN MISI SMK ST ALOISIUS RUTENG

Oleh : Liberita Averisda Takung

(Guru SMKS St. Aloisius Ruteng)


Penyelenggaraan pendidikan di sekolah haruslah bermutu sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 5 ayat (1) UU Nomor 20/2003 tentang Sisdiknas dan PP 19/2005 tentang SNP serta sejumlah regulasi lainnya antara lain konsiderans Permendikbud Nomor 1/2021 tentang Penerimaan Peserta Didik baru ( PPDB) Tahun 2021.Sesuai dengan POS Ujian Nasional tahun 2019/2020 Bab X tentang Kriteria Pencapaian Kompetensi Lulusan Berdasarkan Hasil Ujian Nasional,mutu lulusannya dikelompokkan dalam 4 kategori, yakni Amat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang dari perolehan Nilai ujian Nasional.Dalam kondisi pandemi Covid 19, regulasi- regulasi ini tetap dipakai sebagai acuan standar, walaupun diterapkannya Kurikulum Darurat yang dikeluarkan Kemdikbud untuk semua  satuan pendidikan.


Foto : Proses Belajar Masa Pandemi

Pendidikan menurut UU Noor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dengan demikian, pendidikan akan memandirikan dan mensejahterakan sesorang/ setiap warga negara.Pengelolaan pendidikan bermutu oleh setiap satuan pendidikan adalah upaya satuan pendidikan dan pengelola pendidikan untuk menolong peserta didik/ setiap warga negara agar kehidupannya membaik, memandirikan dan mensejahterakan.

Bagi SMK Santo Aloisius sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan dengan  label Katolik,jawaban akan pendidikan bermutu yang memandirikan dan mensejahterakan tercapai  dengan terlaksananya visi, misi , dan tujuan sekolah yang telah dirumuskan.


Baca Juga : Sosialisasi AKM dan Penguatan Guru Oleh Pengawas Dinas Pendidikan Propinsi NTT


Kita semua tahu bahwa visi lembaga pendidikan milik bruder-bruder Kongregasi Santu Aloisius CSA dengan Yayasan Solidaritas ini adalah terwujudnya sekolah unggulan di kota Ruteng dengan menghasilkan lulusan berkarakter, beriman, cerdas, terampil, kompetitif dan berwawasan lingkungan dilandasi semangat persaudaraan, kasih dan damai dengan misi menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan didukung sumber daya manusia yang profesional dan sarana prasarana yang memadai,membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk menjadi lulusan berakhlak mulia, profesional dalam bidangnya dan kompetitif, menyelenggarakan sekolah berwawasan lingkungan, dan memberikan pelayanan yang baik kepada warga sekolah.

Sedangkan tujuannya adalah  mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab,dan mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keberanekaragaman budaya bangsa indonesia.

Pelaksanaannya Di Sekolah

SMK Santu Aloisius mewujudkan pemenuhan hak warga negara mendapatkan pendidikan bermutu melalui pengelolaan sekolah sebagaimana diatur dengan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan sebagai salah satu Standar Nasional Pendidikan yang diatur dalam PP 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.regulasi ini menegaskan bahwa Standar pengelolaan pendidikan adalah standar pintu, standar dasar pengelolaan pendidikan, sedangkan Standar kompetensi Lulusan berupa pencapaian hasil ujian, baik Ujian Sekolah mapun ujian nasional sebagai standar tujuan/ hasil.

Bagi SMK Santu Aloisius yang melaksanakan Kurikulum 2013,pengelolaan pendidikannya mengacu pada Permendikbud  Nomor  61/2014 tentang KTSP yang mengatur tentang penyusunan Buku 1` yang antara lain memuat visi, misi dan tujuan sekolah serta KBM, Buku 2 tentang Silabus, dan Buku 3 tentang RPP.

Dokumen/ buku-buku 1,2 dan 3 telah disusun bersama  di awal tahun dan awal semester dengan hasilnya sebagaimana sudah ditandatangani Kepala Sekolah, dan para guru mata pelajaran serta Guru Bimbingan dan Konseling.Buku-buku ini menjadi acuan dan pegangan bagi semua pihak di SMK Santu Aloisius dalam pengelolaan sekolah dan proses pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021.


Baca Juga : Workshop Pengembangan Profesi Guru

Hasil Yang Diperoleh

Keterlaksanaan semua standar nasional pendidikan di SMK Santu aloisius sebagaimana diatur dengan PP 19/2005 tentang SNP, antara lain terlihat dari hasil Akreditasi Sekolah yang dilaksanakan Badan akreditasi Nasional tahun 2019, yakni B.Hasil ini menunjukkan pengelolaan pendidikan di SMk Santu Alosisus tergolong baik, walaupun masih ditemukan adanya indikator-indikator pada semua standar belum memenuhi ketentuan untuk mendapatkan nilai akreditasi A.Kita harus berterima kasih kepada semua pihak,mulai yayasan, kepala sekolah,para guru,tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat yang membantu pengelolaan sekolah hingga menghasilkan akreditasi dengan peringkat B tersebut..kita tetap memacu diri agar sekolah kita akan mendapatkan hasil akreditasi A di waktu-waktu mendatang dengan membangun komitmen tingktakan kompetensi dan profesionalisme masing-masing pihak.

Hasil lainnya adalah pencapaian rerata hasil Ujian Nasional sepanjang sekolah ini mengikutinya yang dipublikasi Balitbang Puspendik Kemdikbud.Datanya bisa kita dapatkan dan lihat di IIUN Kemdikbud

Data hasil UN tahun 2019 menunjukkan bahwa walaupun rerata sekolah kita sebesar 42,67 di atas rerata Kabupaten Manggarai sebesar  41,98,perlu kita retrospeksi bahwa rerata itu masih berada dalam kategori Kurang.Rerata nilai mata uji Bahasa Indonesia, bahasda Inggris, Matematika dan Kompetensi, perolehannya adalah 55,33, 27,64, 36,29, dan 39,98 dengan jumlah pesrta UN sebanyak 122 orang peserta didik.

Rapor Mutu Pendidikan dari PMP Kemdikbud pun dapat kita lihat  mutu sekolah ini ( ada di operator sekolah rapor mutu SMk Santu Aloisisu Ruteng).

Untuk mengenal sekolah ini juga kita bisa mendapatkannya Sekolah Kita Kemdikbud 


Foto : Pemanfaatan Aplikasi Zoom Selama Pandemi 

Benahi

SMK Santo Aloisius Ruteng harus benahi diri yang melibatkan semua pihak.Bagi guru misalnya mampu mewujudkan kompetensi-kompetensi Kepribadian, Sosial, Pedagogik, dan Profesional yang diatur dengan UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen serta PP 74/2008 tentang Guru yang dirubah dengan PP 19/2017 tentang Perubahan PP 74/2008 tentang Guru. Sedangkan bagi Kepala Sekolah mengacu pada Permendibud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru  Sebagai Kepala Sekolah serta Permendiknas Nomor 13/2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah yang memuat keharusan seorang Kepala Sekolah/ Madrasah memiliki kompetensi Kepribdian, Sosial Manajerial, Supervisi, dan Kewirausahaan.

Indikator Kompetensi itu, terutama kompetensi manajerial adalah menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan,mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan,memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/ madrasah secara optimal,mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif, menciptakan budaya dan iklim sekolah/ madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik,mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal,dan mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.


Foto : Penerapan Protokol Kesehatan Yang Ketat Sebelum Proses Belajar Tatap Muka

Kompetensi kewirausahaan antara lain meliputi mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah,mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/ madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya. dan menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah dan bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.

Sedangkan kompetensi Supervisi antara lain memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah,pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik,merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru,melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

Integritas Akademik, tetap kita kedepankan.

Semoga.