NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

PENDIDIKAN DAN PANDEMI COVID-19: TANTANGAN DAN ADAPTASI

Oleh: Kristina Loyola Mongko, S.Pd

Guru SMK Swasta St. Aloisius

 

Pandemi covid-19 yang menjadi wabah dunia memberi dampak yang signifikan bagi dunia pendidikan. Sebagai contoh dampak yang secara langsung dirasakan oleh peserta didik maupun bagi guru yaitu adanya pembelajaran daring (dalam jaringan) yang dilakukan secara online baik dari rumah maupun dari tempat lain yang terhubung dengan jaringan internet. Dimana pembelajaran daring tersebut menuntut agar siswa memiliki perangkat pembelajaran seperti hp (smartphone), laptop serta dukungan fasilitas internet untuk menunjang kelancaran pembelajaran. Hal ini berpengaruh bagi peserta didik yang orangtuanya belum mampu memberikan hp kepada anak namun karena tuntutan pembelajaran mewajibkan orangtua dengan daya upaya yang dimiliki agar sang anak memiliki hp (smartphone).


Selain berdampak bagi peserta didik pembelajaran daring ini berdampak pula bagi guru. Dimana guru harus bisa memanfaatkan fasilitas internet serta mampu mengoperasikan aplikasi pembelajaran yang digunakan. Tantangan ini pun memberi hal baru baik bagi guru maupun siswa.  Siswa mahir menggunakan aplikasi pembelajaran dan sedikitnya menguasai teknologi. Siswa lebih kreatif mengembangkan ilmu yang dipelajari dengan menemukan sendiri melalui sumber-sumber yang relevan. Siswa terbiasa dengan berpikir kreatif dengan memberikan solusi terhadap materi yang kurang dipahami. Sehingga pembelajaran lebih bervariatif dan tidak lagi hanya berpusat pada guru (Teacher Centered) yang biasa terjadi dalam pembelajaran konvensional melainkan berubah menjadi Student Centered atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

Baca Juga : Cara Guru Beradaptasi Dengan Pandemi

Sebagai guru, lebih kreatif dalam menyampaikan atau menjelaskan materi dengan memanfaatkan media internet misalnya membuat video pembelajaran melalui youtube yang akan ditonton oleh siswa. Memberikan penjelasan terhadap materi melalui apikasi zoom. Guru terbiasa dengan aplikasi pembelajaran yang membantu dalam penyampaian materi. Sehingga pembelajaran daring ini tetap berjalan dan pandemi covid-19 bukan penghalang bagi kemajuan pembelajaran.