NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

SERENTAK BERGERAK WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR


Dalam masa pandemi ini, banyak tatanan kehidupan yang mengalami perubahan dan pergeseran, tak terkecuali di bidang pendidikan. Tantangan yang dihadapi oleh para pelaku akademis menjadi semakin sulit karena mereka dituntut untuk bisa melakukan berbagai macam penyesuaian di bidangnya, terutama membiasakan diri dengan kegiatan belajar mengajar dalam jaringan(online). Kendati demikian, semangat belajar harus tetap berkobar, seperti semangat Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang hari kelahirannya kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional di tanggal 2 Mei.


Hari pendidikan tahun ini memang  jauh dari kesan gegap gempita seperti tahun-tahun sebelumnya, namun semangat tersebut dimaknai  dan dihidupkan kembali oleh SMK Santo Aloisius Ruteng dengan mengadakan kegiatan perlombaan antarkelas dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 pada hari Selasa, 4 Mei 2021 bertempat di aula Multimedia sekolah kejuruan ini. Acara ini diikuti oleh Kepala sekolah, para guru, serta beberapa siswa utusan dari tiap kelas tentunya dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi Multimedia SMK Santo Aloisius. 

Para siswa yang mengisi acara menampilkan beragam kecakapan yang mereka miliki, yaitu berpidato Bahasa Indonesia, berpidato Bahasa Inggris, Story Telling (bercerita), menciptakan dan membaca puisi, serta bernyanyi solo. Antusiasme para siswa patut diacungi jempol, sebab dalam keterbatasan akibat pandemi, mereka tetap bisa menunjukkan semangat dan menyuguhkan penampilan yang apik.

Bruder Victor London, selaku kepala sekolah pun dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini dapat membuat kemampuan para siswa berkembang sehingga menjadi pengalaman dan kekayaan untuk hari yang akan datang.  Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun ini, yaitu ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’;  Serentak berpikir dan serentak bertindak dengan tepat untuk memberikan ruang dan waktu kepada anak didik agar mereka dapat mengeksplor kemampuan dalam diri mereka, lanjutnya.


Gambar : Bruder Viktor London, CSA / Kepala SMKS St Aloisius

Semoga para pengajar dan siswa tetap bersemangat menghadapi situasi yang rumit ini, seperti pesan Bapak Presiden Jokowi dalam wawancaranya dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makari, yaitu agar para siswa tetap harus tekun belajar , karena mereka yang selalu belajar akan terus bisa menyesuaikan diri dengan zaman. “Ilmu sekolah atau kampus bisa menjadi jadul, tapi kalau belajar sepanjang zaman kita akan terus relevan,” katanya.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021, "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar".

Icon Baeng