Berita


KEBERSIHAN LINGKUNGAN


Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar Manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan, baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu lingkungan biotik dan abiotik.Lingkungan Biotik dapat berupa, Manusia, Hewan, dan Tumbuh -tumbuhan.Sedangkan lingkungan Abiotik dapat berupa benda mati. Saat ini, lingkungan kita telah tercemar oleh berbagai polusi, salah satunya Polusi Tanah.

Pencemaran Tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan Manusia masuk dan merubah tanah alami.Polusi Tanah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut :

a.       1.Sampah plastic, pecahan kaca, logam, maupun karet yang ditimbun dalam tanah

b.      2. Limbah deterjen yang di buang ketanah

c.       3. Pengikisan lapisan humus oleh air

Menciptakan lingkungan yang bersih merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada Manusia.Kesehatan keluarga harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit.Karena kesehatan tidak ternilai harganya, terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut, dan ketika kita sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.Tubuh yang sehat  bisa didapatkan dari berolahraga yang teratur, menkonsumsi makanan yang bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih.Lingkungan yang sehat terkadang sering kita tidak diperhatikan karena kesibukan dalam bekerja ataupun karena malas untuk melakukanya, sehingga dapat menimbulkan penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah Demam Berdarah (DBD) dan dapat menyebabkan kematian.

Melihat banyaknya kejadian yang telah terjadi di Negeri ini, karena  kurangnya perhatian terhadap lingkungan, maka lembaga SMK Swasta Santo Aloisius sangat sadar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

            Adapun Program-program yang telah dilakukan oleh Lembaga Pendidikan SMK Swasta Santo Aloisius yaitu sebagai berikut :

a.       Mengadakan kegiatan bakti sosial didalam lingkungan sekolah setiap hari Sabtu, mulai Pukul 06.45-07.00 WITA (15 Menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar)


b.      Aksi memungut sampah setiap hari Senin-Jumat  mulai Pukul 06.45-07.00 WITA (Tugas bergilir dari setiap kelas)

 

c.       Mengadakan bakti  diluar lingkungan Sekolah setiap Jumat pertama dan Jumat ketiga dalam Bulan



Kebersihan Lingkungan merupakan Budaya rutinitas bagi SMK Swasta Santo Aloisius Khususnya dan pada umumnya, karena seluruh warganya baik Bapak dan Ibu guru, pegawai, maupun siswa/i terlibat dalam melakukan aksinya. Warga SMK Swasta Santo Aloisius sangat memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain sebagai berikut

1.      Terhindar dari penyakit

2.      Lingkungan menjadi lebih sejuk

3.      Bebas dari polusi udara

4.      Air menjadi lebih bersih untuk di minum

5.      Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini lebih khusus bagi Siswa dan Siswi  SMK Swasta Santo Aloisius .

Kebersihan lingkungan dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.

Manfaat utama kegiatan kebersihan lingkungan di sekolah bagi Seorang Siswa adalah sebagai berikut:

1.      1. Menjadi Siswa yang berkarekter dan beraklak mulia

2.      2. Melatih Siswa untuk bekerja

3.     3.  Melatih Siswa membuang sampah pada tempatnya

4.      4. Menjadi nomor satu menjaga kebersihan lingkungan di masyarakat.


1.      Adanya tempat sampah disetiap ruangan kelas, di depan kelas, dan sekitar lingkungan sekolah,Skop sampah, Sapu lidi dan sapu plastik, mesin pemotong rumput, mobil truck antar sampah. Sebagai warga lembaga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Solidaritas Ruteng, yang selalu mendukung kami dalam kegiatan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih sehat, semoga menjadi bekal bagi pembaca dan bermanfaat.

 

 

 Penulis

 Marselinus Pakung, S.Pd

Radio Online Aloisius

PPDB Online 2020

Banner

Lokasi Sekolah