NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

OPINI: PENTINGNYA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peran besar bahasa yaitu agar semua orang bisa dengan mudah berinteraksi baik secara lisan maupun tulisan. Indonesia memilik ragam suku, agama, ras, dan bahasa. Setiap daerah memiliki bahasanya sendiri. Hampir setiap orang selalu menggunakan Bahasa Pertama atau biasa dikenal dengan istilah Bahasa Ibu. Bahasa Ibu merupakan bahasa alamiah yang pertama kali dikuasai manusai sejak lahir melalui interaksi komunikasi dengan lingkungannya. Bahasa Ibu biasanya identik dengan bahasa lokal atau bahasa daerah.

Penggunaan bahasa Indonesia dikategorikan sebagai Bahasa Kedua. Bahasa Kedua adalah bahasa yang diperoleh manusia setelah Bahasa Pertama. Ketika anak keluar dari lingkungan keluarganya, maka ia akan mengenal Bahasa Kedua. Hampir 100% orang Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua mereka. Hal ini dilakukan agar makhluk sosial bisa berinteraksi satu sama lain mulai dari Sabang sampai Merauke.

Penggunaan bahasa Indonesia sangat penting karena apabila melihat latar belakang kultur bangsa Indonesia yang beraneka ragam, bahasa Indonesia berperan sebagai “Bahasa Pemersatu, Bahasa Nasional, dan Bahasa Resmi”. Sehingga bahasa Indonesia wajib dipakai seluruh rakyat Indonesia. Selain sebagai bahasa pemersatu, bahasa Indonesia wajib dipakai guna melestarikan bahasa Indonesia itu sendiri dari pengaruh bahasa asing.

Penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah masih sangat rendah. Tanpa disadari, baik peserta didik ataupun guru selalu menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasinya. Penggunaan bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting, karena memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sebagai pelestarian budaya, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu berkomunikasi secara baik dan benar, serta mampu mengemukakan pendapat yang baik dan sopan. Oleh karena itu, mari kita membuka diri dan sadar akan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia tidak hanya di sekolah, tetapi dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Angela Ngare, S.Pd.