NEWS UPDATE :  
SMK SWASTA SANTO ALOISIUS

Berita

Kejanggalan Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar


Kurikulum adalah suatu dasar ataupun pedoman dalam melangsungkan segala proses pembelajaran. Eksistensinya menaungi segala pendidikan formal sehingga segala proses maupun dinamika diatur secara sistematis dalam kurikulum. Secara absolut Indonesia selalu mengobrak-abrik kurikulum yang ada. Konsepsi ini dilandasi oleh sirkulasi kementerian Pendidikan. Secara logis hal ini tentunya bersifat abnormal karena dapat menimbulkan problem dalam dunia pendidikan. Adapun subjek utama dalam problem perombakan adalah Menteri sedangkan objeknya adalah guru dan pelajar. Dalam beberapa persepsi, esensi guru maupun siswa menjadi muara dari problem tersebut.

Pada pemerintahan Indonesia Maju, Menteri Pendidikan mengimplementasikan kurikulum yang amat berbeda dari sebelumnya yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Beda halnya KTSP maupun K13. Kurikulum Merdeka menuntut para siswa untuk secara aktif dalam membedah materi pembelajaran. Secara garis besar output dari kurikulum ini adalah memerdekakan para siswa. Output dari kurikulum ini tentunya mengandung kontroversi di mata publik.


Banyak sekolah di Indonesia sudah merealisasikan Kurikulum Merdeka. Melihat realita kurikulum ini memang memerdekakan pelajar namun di sisi lain juga memerdekakan guru. Secara relatif guru hanya sekedar memberikan inti sari sedangkan siswa harus membedah serta memahami secara komprehensif materi tersebut. Hal ini tentunya sangat memerdekakan guru karena esensinya untuk mengajar tidak begitu berat.

Dari sekian banyak publik yang menyatakan kontra dengan output kurikulum merdeka, saya termasuk di dalamnya. Karena dalam perspektif saya, kita bukan merealisasikan kurikulum merdeka belajar tetapi kurikulum merdeka mengajar.

             Fransiskus Sot

Siswa Kelas XI Desain Komunikasi Visual (DKV) 


PPDB Online 2024
Youtube Channel Sekolah
Banner
Lokasi Sekolah